Pembentukan Forum Anak Desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
16 December 2020
Mid Year Report (January-June 2020)
13 January 2021
Pembentukan Forum Anak Desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
16 December 2020
Mid Year Report (January-June 2020)
13 January 2021

Peringatan Hari Dunia Menentang Pekerja Anak 2020

Webinar Peringatan Hari Dunia Menentang Pekerja Anak 2020 ini mendiskusikan tantangan dalam menangani pekerja anak di tengah situasi pandemi Covid-19. Capaian yang telah dirasakan selama ini dalam upaya menanggulangi pekerja anak, tampaknya akan mengalami penurunan karena sebelum pandemi saja, tantangan itu telah ada, ditambah dengan situasi pandemi, pekerja anak sangat mungkin bertambah.

Prediksi ILO yang menyatakan kemungkinan ada kenaikan pekerja anak sebesar 0.7% di setiap kenaikan angka kemiskinan 1%, harus diantisipasi oleh pemerintah, LSM, dunia usaha dan masyarakat. Tantangan menuju terwujudnya Indonesia Bebas Pekerja Anak 2022, sesuai Roadmap, makin terjal untuk dicapai. Begitu juga pencapaian dunia untuk menghapuskan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak (BPTA).

Program KESEMPATAN yang saat ini melakukan intervensi di beberapa desa dampingan, melakukan pengembangan model Desa Ramah Anak. Walaupun tujuan khusus program ini menyasar pada keluarga dan pekerja anak, layanan yang diadvokasi merupakan layanan bagi kepentingan seluruh anak di desa. Ini menjadi salah satu praktik baik penanggulangan pekerja anak yang tetap dilakukan dalam pandemi Covid-19.

Silahkan menyimak video webinar di link berikut, https://youtu.be/Och0Vx8Usg8

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *