Pemetaan Sosial Untuk Identifikasi Pekerja Anak
18 March 2020
PELUNCURAN GERAKAN BERSAMA JAGA KELUARGA DAN ANAK (BERJARAK): CEGAH COVID-19 SAMPAI DESA
16 April 2020
Pemetaan Sosial Untuk Identifikasi Pekerja Anak
18 March 2020
PELUNCURAN GERAKAN BERSAMA JAGA KELUARGA DAN ANAK (BERJARAK): CEGAH COVID-19 SAMPAI DESA
16 April 2020

Pertemuan Nasional Virtual PAACLA Indonesia

Sekretariat Nasional PAACLA Indonesia dan Bappenas mengadakan pertemuan nasional dengan anggota PAACLA untuk melakukan konsolidasi kelembagaan PAACLA Indonesia. Selain membahas pedoman PAACLA Indonesia sebagai acuan kegiatan PAACLA dalam mewujudkan misi dan visinya, dalam pertemuan ini juga disampaikan hasil sementara studi ILO Jakarta mengenai situasi pekerja anak di Indonesia, studi baseline yang dilakukan oleh SMERU dan hasil pemetaan sosial Program Kesempatan. Sekretariat Nasional PAACLA juga menyampaikan perkembangan website PAACLA untuk mendapatkan masukan dari peserta pertemuan. Pertemuan dibagi dalam 4 kelompok untuk mewadahi anggota PAACLA dari Kementerian/Lembaga, sektor bisnis dan organisasi masyarakat sipil (OMS) dan dilaksanakan pada tanggal 1,2,3 dan 6 April 2020 dengan total peserta 113 orang aktif mengikuti pertemuan tersebut. Pertemuan dilakukan secara virtual sebagai bentuk dukungan terhadap himbauan pemerintah terkait dengan social distancing dan work from home dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Studi yang dipaparkan ILO merupakan hasil studi situasi pekerja anak menggunakan data-data Sakernas tahun 2011-2018 sebagai upaya untuk memperbaharui data pekerja anak di Indonesia. Studi ILO ini menemukan adanya kecenderungan jumlah pekerja anak yang menurun. Temuan ini merupakan jawaban atas berbagai upaya penanggulangan pekerja anak yang telah dilakukan banyak pihak selama ini. Sementara itu, hasil studi baseline yang dilakukan oleh SMERU memberikan informasi mengenai situasi anak yang terlibat dalam pekerjaan sebelum intervensi program dilaksanakan di Kabupaten  Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pemetaan sosial yang dilakukan di 8 (delapan) desa sasaran program KESEMPATAN di Jawa Timur dan 4 (empat) desa di NTB memberikan data calon penerima manfaat program baik anak-anak maupun orang dewasa.

PAACLA Indonesia memiliki agenda bersama untuk mempercepat penanggulangan pekerja anak di sektor pertanian. Untuk mencapai tujuan nasional Indonesia Bebas Pekerja Anak 2022 diperlukan langkah sinergis dalam penanggulangan permasalahan pekerja anak. Dalam rangka penguatan PAACLA Indonesia,  struktur dan kelembagaan PAACLA Indonesia akan dilengkapi dengan komite pengarah dan kelompok kerja untuk memperkuat program-program aksi. Saat ini sekretariat nasional PAACLA sedang mengembangkan media komunikasi berupa website yang diharapkan bisa menjadi pusat data dan pengalaman baik dalam melakukan upaya penanggulangan pekerja anak.

Salam kemitraan, terus berjuang untuk masa depan anak-anak Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *